The Earth

Kehidupan terkadang lembut, membelai dan menimang hingga kita begitu nyaman untuk menetap tanpa berusaha memperbaiki sesuatu yang sebenarnya kita bisa lebih dari ini. Saat kau tergerak untuk menantang dirimu dengan hal-hal baru atau hal-hal yang belum kau kuasai disitulah kamu akan menjadi versi dirimu yang berbeda dan mau tidak mau kamu harus berubah.

Sesungguhnya saat kau diam pun yang akan menjadi takdirmu pun tetap akan datang entah dengan cara apa pastinya diam mu dan kenyamanan yang kau rasakan tak akan selamanya begitu walau kau berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankannya. Karena semua akan dipergilirkan dan ada saat kau akan di jungkir balikan oleh kehidupan.

Manusia tak sekedar hidup cari uang, bisa makan, bisa tidur, punya rumah, bangun, bekerja, dapat uang, belanja, uang habis, lalu kerja, tidur dan terus begitu. Hey kau diciptakan bukan hanya untuk hal yang sesederhana itu. Kau hidup tak sendirian bro and sist, ada ribuan, jutaan bahkan milyaran manusia dibumi, ada hewan yang semakin punah hari demi hari, ada tumbuhan yang menjerit kepanasan dari hari demi hari lihatlah kau diam pun suatu saat akan tetap punah. Bukankah kau lihat hewan dan tumbuhan disekelilingmu? Mereka hanya diam dan melakukan hal-hal biasa namun mereka tetap saja punah. Nggak bangetkan kalau kau sebagai manusia yang dianugerahi fikiran dan hati namun kau sia-siakan dan tak kau gunakan. Lalu apa bedanya kita manusia dan hewan kalau gitu, mereka nggak punya fikiran dan hati jadi wajar mereka nggak menggunakannya nah manusia udah dikasih kelebihan yang luar biasa masak disia siakan? Ingat kembali fikiran dan hatimu bukan untuk hal-hal yang mampu merusak namun untuk hal-hal yang menjaga dan melestarikan.

Hei… setiap pagi saat kau bangun ingatkah kau bernafas dengan apa? Oksigen bukan, sepertinya itu pelajaran ku saat sekolah dasar. Dari mana oksigen diproduksi? Ingat-ingat lagi deh sebelum kita lupa dan mengorbankan kehidupan kita dan anak cucu kita.

Ingat lagi deh bukan bumi yang butuh kita… lagi lagi kita yang membutuhkan Bumi untuk lestari.

Bukankah banyak sekali PR buat manusia untuk menjaga bumi?

  • Sampah
  • Energi Listrik
  • Emisi gas buang
  • Barang Elektronik
  • Penggunaan kertas dan bahan bakar
  • Banyaknya pemusnahan tumbuhan, hewan dan manusia
  • Bahan kimia yang merusak lingkungan

Masih banyak sekali kan tugas kita sebagai manusia untuk menjaga bumi. Itu baru satu tugas menjaga bumi belum tugas-tugas yang lain. Hai sahabatku jangan mudah diam, jangan mudah layu, jangan mudah patah, jangan mudah padam maka bergeraklah, bangkitlah, lakukanlah sesuatu setidaknya membuat versi dirimu lebih baik itu saja sudah cukup jika kau lakukan setiap hari sekecil apapun perubahanmu namun jika kau terus berjuang menjadi versi dirimu lebih baik setiap harinya itu akan sangat berpengaruh baik bagi kehidupan.

Leave a comment